URL adalah singkatan dari “Uniform Resource Locator” yaitu merupakan rangkaian karakter menurut format standar tertentu, digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu sumber misalnya seperti dokumen, file dan gambar yang terdapat di internet.

URL merupakan kependekan dari “Uniform Resource Locator” merupakan serangkaian karakter (angka, huruf dan simbol) menurut standar tang sudah di tentukan, yang guanya untuk menunjukan suatu alamat atau sumber yang terdapat di internet misalnya seperti file, dokumen dan gambar.URL yaitu suatu rangkaian karakter menurut standar tertentu yang digunakan untuk menunjukan suatu alamat dari sumber, seperti file atau gambar yang ada di Internet. URL merupakan salah satu inovasi dasar dari perkembangan sejarah Internet.

B. Sejarah singkat URL (Uniform Resource Locator)

URL pertama kali ditemukan pada tahun 1991 yaitu oleh Tim Barnes – Lee, dengan tujuan supaya dapat memudahkan para penulis dokumen atau artikel untuk merefrensikan tulisannya ke WWW (World Wide Web).

Bagian-bagian URL:

Protokol

Protokol dalam suatu URL biasanya disingkat dengan nama http:// ataupun kepanjangannya adalah Hypertext Tranfer Protocol. ini bagian yang penting dari URL untuk memudahkan pembaca untuk langsung klik URL tersebut tanpa harus copy paste (copas) ke address bar browser.

  • Nama Host Komputer

ini adalah kata selanjutnya dalam URL setelah http://. yaitu yang biasa disebut WWW (Word Wide Web). Bagian ini dapat dipakai atau tidaknya tergantung pada URL yang dimiliki. URL pada suatu blog atau website ada yang memakai WWW juga ada yang tidak.

  • Domain

Domain adalah suatu kata yang menunjukkan suatu alamat atau nama situs. Misalnya twitter.com , google.com dan lain sebagainya. Domain juga ada dua jenis, yaitu berbayar (.com, .net, .info) ataupun gratis (biasanya hosting gratis seperti blogger.com)

  • Directory

Directory adalah suatu kategori ataupun label dalam sebuah website atau blog. Biasanya ada di samping domain.Contoh: http://domain.com/berita.

berita itulah yang disebut directory. Directory juga biasanya disusul oleh nama file atau dokumen.

1.HTTPS

Pengertian HTTPS(Hypertext Transfer Protokol Secure).

HTTPS merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris dan asal katanya terdiri dari Hypertext Transfer Protokol Secure dan di singkat menjadi HTTPS. HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol valid dan aman. Hal ini di sebabkan perintah dan data melalui protokol HTTPS ini telah di lindungi dengan sistem encryp melalui berbagai format, sehingga ini akan menyulitkan bagi orang-orang yang ingin membajak isi dari dokumen yang dikirim dengan menggunakan media HTTPS.

Dapat dipahami juga bahwa HTTPS meruppakan gabungan dari HTTP dengan SSL(Secure Socket Layer) / TLS(Transport Layer Security) protokol. Seluruh komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dan di analisa dengan tujuan untuk keamanan ketika terjadi transaksi data melaui internet.

Fungsi dan Tujuan HTTPS(Hypertext Transfer Protokol Secure). 

Fungsi khusus HTTPS adalah untuk menjaga kemanan data dari hacker yang berniat membajak sebuah dokumen secara ilegal. Sedangkan tujuan HTTPS adalah untuk mengantisipasi terjadinya eror program sebuah data dan kerusakan server akibat kegagalan koneksi yang disebabkan perusahaan yang di buat oleh pakar hacker yang tidak bertanggung jawab.

Manfaat dan kegunaan HTTPS(Hypertext Transfer Protokol Secure).

Cara kerja hacker untuk membajak sebuah file dokumen biasa nya menggunakan tool wireshak, ketika tool ini terkoneksi ke internet maka protokol HTTP akan mudah untuk di jebol pertahanan keamanan nya. Berbeda dengan sistem HTTPS, tool yang digunakan tidak akan mampu menembus keamanan dari sebuah dokumen dengan menggunakan protokol HTTPS.

2.WWW

World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

Sejarah WWW

WWW (World wide web) mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet yang lainnya. Pada sekitar tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggung jawab atas sebagian besar lalu lintas jaringan Internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga terkadang dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya tidak sama.

Web adalah sistem pengiriman dokumen yang tersebar yang berjalan di internet. Web telah dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), yaitu suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuannya semula dari lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai macam lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.

3.Domain

Nama domain (bahasa Inggrisdomain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

4.

Tinggalkan komentar